Ketahui Cara Membuka Situs yang Diblokir Menggunakan VPN pada Laptop

Cara Membuka Situs yang Diblokir Menggunakan VPN – Permasalahan laman situs tidak bisa diakses mungkin terdengar sepele bagi beberapa orang. Namun, hal ini nyatanya bisa cukup mengganggu. Adanya internet positif serta akses internet yang terbatas merupakan salah satu penyebab laman situs yang terblokir. Namun, kini telah tersedia cara membuka situs yang diblokir menggunakan VPN terutama pada penggunaan laptop yang pantas untuk dicoba.

Mengenal VPN

Nama VPN mungkin sudah sering dikaitkan terlebih jika berhubungan dengan adanya laman situs yang diblokir. VPN memiliki kepanjangan yakni Virtual private network yang artinya adalah jaringan internet privat atau pribadi. Fitur-fitur khusus yang dimilikinya memungkinkan penggunanya untuk menjelajahi internet secara pribadi dan tanpa dikenali oleh siapapun.

Pengguna VPN bisa menjelajah internet hingga laman situs yang umumnya sulit dijangkau, yakni seperti laman situs luar negeri. Selain itu, VPN juga telah menyediakan server yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses situs luar negeri tersebut dengan koneksi yang stabil serta cepat.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Menggunakan VPN pada Laptop

cara membuka situs yang diblokir menggunakan vpn
cara membuka situs yang diblokir menggunakan vpn

Laman yang tidak bisa diakses umumnya situs yang berasal dari luar negeri dan terblokir oleh server milik lokal, yakni server Indonesia. Jika laman situs tersebut terblokir, maka akan ada peringatan yang bertuliskan situs ini tidak bisa diakses. Inilah beberapa cara untuk mengatasinya, yaitu:

Baca juga : Cara Hemat Kuota Tiktok

Menggunakan Ekstensi Anonymox Chrome

Ekstensi anonymox ini bisa diterapkan pada aplikasi Chrome dan Firefox. Pengguna bisa mengaktifkan anonymox pada menu extension pada Chrome atau menu add-ons pada Firefox. Bukalah menu web store pada browser, kemudian carilah anonymox pada bagian pencarian. Jika telah ditemukan, jangan lupa untuk menambahkannya.

Jika telah ditambahkan, maka seluruh data pada browser akan diubah sesuai dengan ekstensi baru yang telah diterapkan yakni anonymox. Hasilkan, pengguna akan mampu mengakses situs yang telah diblokir sebelumnya. Beragam website pun dapat diakses tanpa mengalami pembatasan apapun.

Menggunakan Touch VPN pada Chrome

Jika kesulitan menggunakan anonymox, maka opsi lainnya adalah memilih Touch VPN. Ini merupakan cara membuka situs yang diblokir menggunakan VPN lain pada Chrome. Caranya tidak jauh berbeda dengan anonymox. Pengguna juga bisa menemukannya pada menu web store.

Jika telah ditambahkan, maka ikon touch VPR akan tampil pada bar Google Chrome. Jika akan diaktifkan, maka klik tombol connect dan nantinya warna akan berubah menjadi hijau. Sebaliknya, jika tidak aktif warna akan berubah menjadi abu-abu.

Baca juga : Cara Agar WA Terlihat Offline Berhari hari Padahal Online Tanpa Aplikasi

Mengakses VPN melalui Opera Browser

Selain pada Chrome, pengguna juga dapat mengakses VPN menggunakan browser Opera. Penggunaan pada opera dinilai lebih mudah karena browser satu ini telah menyediakan VPN sebagai bawaannya. Dengan begitu, pengguna tidak perlu menambahkan ekstensi apapun pada Opera. Sangat simpel, bukan?

Hanya saja, pengguna perlu melakukan setting pada browser Opera untuk mengaktifkannya. Setelah diaktifkan, maka warna akan berubah menjadi biru yang menandakan VPN pada Opera telah aktif dan bisa digunakan. Pastikan untuk tidak memberi centang pada pencarian default agar IP pengguna tidak bisa dilacak oleh browser.

Itulah tadi penjelasan mengenai VPN secara detail dan juga cara membuka situs yang diblokir menggunakan VPN pada laptop. Apabila Hal tersebut diterapkan, maka pengguna akan bisa mengakses situs apapun bahkan dari luar negeri sekalipun yang diblokir oleh negara kita. Tak hanya bisa mengaksesnya, namun pengguna pun bisa menikmati akses dengan lebih cepat dan stabil.

Tinggalkan komentar