Cara Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic

Tahukah Anda ternyata, cara menghaluskan suara mesin motor matic bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah saja. Hal ini perlu Anda ketahui, sebab motor matic menjadi salah satu jenis motor yang banyak digandrungi di masyarakat.

Umumnya, terlalu sering digunakan membuat mesin motor menjadi lebih sering bekerja sehingga membuat suaranya kasar. Lalu, bagaimana cara mengatasi hal tesebut? Nah, untuk lebih jelasnya simak uraian lengkapnya di bawah ini.

5 Cara Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic

Saat menggunakan motor matic, apakah Anda pernah mendengar suara mesin yang terdengar kasar? Keadaan tersebut, tentu sangat mengganggu, maka dari itu simak penjelasan berikut tentang cara menghaluskan suara mesin motor matic yang akan dibahas secara tuntas. Check it out!

Cari Baut yang Mengendur

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika suara motor terdengar kasar yaitu mencari baut yang mengendur. Jika setelah dicek ternyata baut motor Anda mengalami pengenderun maka sebaiknya lakukan pengencangan agar membuat suara mesin kembali halus. Penyebab baut mengendur karena terkena gesekan motor ketika sedang digunakan. Jika motor memiliki suara kasar, pasti getaran yang dihasilkan lebih keras.

Baca juga : Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Cek dan Ganti Roller Baru

Selanjutnya Anda perlu melakukan pengecekan rutin pada bagian roller untuk menghindari suara mesin yang kasar. Jika Anda mendapati kondisi roller tidak bulat, segeralah ganti dengan yang baru. Jangan sampai Anda menunda atau mengacuhkan masalah satu ini karena roller memiliki fungsi penting untuk motor.

Ganti Oli Secara Rutin

Jika oli kendaraan motor matic Anda terlihat kotor segeralah ganti dengan yang baru. Namun, jika kondisi oli masih terlihat bagus tapi volumenya kurang maka Anda hanya perlu menambahkannya saja. Lalu, kenapa oli harus diganti secara berkala? Hal ini perlu Anda lakukan, sebab oli merupakan komponen terpenting pada kendaraan yang berfungsi sebagai pelumas mesin.

Merawat CVT Secara Rutin

Salah satu penyebab motor terdengar kasar ialah CVT yang bermasalah. Oleh karena itu, untuk menghaluskan suara mesin motor matic Anda, pastikan untuk melakukan perawatan rutin pada bagian CVT-nya.

Baca juga : Harga Aki Motor Matic

Menggunakan Motor dengan Baik

Menggunakan kendaraan dengan cara yang tidak tepa, akan membuatnya cepat rusak dan menyebabkan munculnya suara kasar. Jika Anda ingin suara motor matic tetap halus maka jangan sering menancap gas secara berlebihan. Apalagi menggunakannya untuk balapan, karena mesin motor matic tidak dirancang untuk dipakai melakukan aktivitas berkendara terlalu berat.

Penyebab Engine Motor Matic Terdengar Kasar

Tidak banyak yang memahami penyebab dari engine motor matic terdengar kasar. Perlu diketahui, ternyata ada beberapa hal yang menjadi alasan kenapa mesin dari motor matic Anda terdengar berat atau kasar.

  • Roller Tidak Sempurna. Biasanya roller berbentuk bulat, jika benda tersebut hancur atau tidak sesuai bentuk semula, akan mengakibatkan engine menjadi kasar dan bising.
  • Gas Berlebihan. Banyak sekali yang acuh dengan hal seperti ini. Padahal akibat yang ditimbulkan sangat fatal yaitu mampu mengurangi kinerja motor matic.
  • Plastik Slider Menutup Roller. Jangan sampai Anda mengabaikan plastik slider yang menutupi roller karenar jika diabaikan suara mesin semakin lama akan semakin keras. Motor matic pun akan bergetar dan gerakannya akan menyebabkan tutup roller tidak stabil.

Demikian cara menghaluskan suara mesin motor matic agar motor lebih nyaman dipakai. Perawatan yang rutin merupakan kunci untuk menghaluskan suara kendaraan dan membuatnya nyaman saat dikendarai. Jika masih bingung, Anda bisa langsung membawanya ke bengkel untuk mendapatkan perawatan dari ahlinya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar