Cara Menurunkan Darah Tinggi

cara menurunkan darah tinggi
ASUS ProArt

Cara Menurunkan Darah Tinggi – Kepala sering pusing ketika emosi naik? Mungkin ini merupakan salah satu gejala atau tanda Anda memiliki tekanan darah tinggi. Ya, salah satu tanda yang paling mudah dideteksi ketika Anda mengalami darah tinggi yaitu sering merasa pusing dan leher bagian belakang terasa kaku serta berat.

Apabila gejala ini sudah sering Anda alami, maka langkah paling tepat yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mencari tahu bagaimana cara alami menurunkan darah tinggi. Mengapa harus cara alami? Sebab selain lebih efektif, cara alami juga aman tanpa efek samping.

Apa sajakah cara alami menurunkan darah tinggi yang bisa Anda lakukan? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Menurunkan BB

Menurunkan BB
Menurunkan BB

Salah satu faktor yang menjadi penyebab utama tekanan darah Anda tinggi adalah obesitas. Dimana ketika seseoang mengalami peningkatan berat badan, akan terjadi secara otomatis peningkatan tekanan darah.

Hal ini dibuktikan ketika Anda berhasil menurunkan 4,5 kg berat badan, tekanan darah akan turun cukup signifikan. Selain itu, penurunaan berat badan juga membantu mengurangi resiko penyakit akibat darah tinggi seperti jantung, stroke, dan lain-lain.

Olahraga teratur

Olahraga teratur
Olahraga teratur

Nampaknya kegiatan yang satu ini selalu dianjurkan untuk kesehatan, baik untuk menjaga kebugaran tubuh, mencegah penyakit, pengobatan penyakit juga untuk menjaga keindahan bentuk tubuh. Begitu juga untuk penyakit hipertensi atau darah tinggi yang juga bisa diobati dengan sering olahraga.

Baca juga : Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah

Usahakanlah untuk selalu melakukan olahraga barang 30 atau 60 menit per hari. Dan tak harus olahraga berat, Anda pun bisa melakukan olahraga ringan seperti lari atau bahkan jalan santai bagi lansia.

Pilih makanan

Pilih makanan
Pilih makanan

Selain karena pola hidup, pola makan yang buruk juga merupakan salah satu faktor terbesar penyebab tekanan darah Anda naik. Dimana beberapa jenis makanan seperti daging domba, daun singkong dan lain-lain adalah makanan yang memicu tekanan darah naik.

Sedangkan herbal atau makanan penurun darah tinggi antara lain adalah daun sirsak, kulit manggis, daun seledri. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi buah yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi seperti jambu, mentimun, buah naga dan lain sebagainya.

Kelola stress

Kelola stress
Kelola stress

Bukan hanya dari faktor fisik, namun faktor psikis justru sering kali lebih berpengaruh pada buruknya kondisi kesehatan Anda. Ya seperti tekanan darah tinggi ini yang akan meningkat signifikan ketika Anda mengalami stress.

Untuk itulah bagi Anda yang sudah mengetahui kondisi tubuh Anda, sebaiknya mulailah untuk memperbaiki menejemen stress. Cobalah untuk lebih rileks dan santai dalam menghadapi berbagai hal.

Baca juga : Cara Menyembuhkan Penyakit Stroke

Hindari rokok dan alkohol

Hindari rokok dan alkohol
Hindari rokok dan alkohol

Nampaknya kedua benda ini selalu menjadi pantangan besar dalam setiap penyakit. Bagaimana tidak, alkohol dan rokok adalah dua benda yang mampu memicu munculnya berbagai penyakit berbahaya.

Untuk itulah, sebagai pencegahan dan cara cepat menurunkan tekanan darah tinggi Anda harus menghindari alkohol dan rokok. Bahkan asap rokok pun harus Anda hindari mengingat resiko perokok pasir sebenarnya jauh lebih besar dibanding perokok aktif.

Kurangi kafein

Kurangi kafein
Kurangi kafein

Meskipun memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh, namun kandungan kafein pada kopi yang cukup tinggi juga memberi efek yang kurang baik bagi tubuh, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah  banyak.

Dimana salah satu efek samping kafein adalah mampu meningkatkan tekanan darah tinggi dan harus benar-benar dihindari para penderita tekanan darah tinggi.

Untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindari hal-hal buruk seperti munculnya penyakit akibat tekanan darah tinggi, cobalah untuk menerapkan cara alami menurunkan tekanan darah tinggi di atas.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

WebsiteRiau.co.id merupakan website penyedia Jasa SEO dan Pembuatan Website di Pekanbaru, Riau.

Tentang     Kontak     Kebijakan Privasi     Sanggahan