Ketahui Motor Matic Pertama di Indonesia Beserta Sejarahnya

Motor Matic Pertama di Indonesia – Di era millennial ini, hampir semua rumah pasti memiliki kendaraan bermotor untuk menunjang kegiatan hariannya, salah satunya motor matic. Motor ini sering dipakai untuk berangkat sekolah, kerja, ke pasar, dan lain sebagainya. Namun, tahukah Anda pelopor sejarah motor matic pertama di Indonesia?

Banyak orang mengira Yamaha Nouvo dan Mio adalah motor matic pertama di Indonesia. Sebab, saat itu masih jarang beredar pabrikan motor matic di Indonesia sehingga kedua produk itulah yang paling populer di pasaran. Namun sebenarnya, motor matic atau sering pula disebut skutik ini sudah ada sejak tahun 1962. Yuk, simak sejarahnya berikut.

Sejarah Motor Matic Pertama di Indonesia

Motor matic mulai menjamur di Indonesia sekitar tahun 2002 yang begitu digemari masyarakat, baik anak muda maupun orang dewasa. Namun, kenyataannya motor matic ini sudah hadir di tanah air sejak tahun 1962. Berawal dari pembebasan Irian Barat, pembukaan Asian Games IV, serta siaran perdana TVRI, motor ini mulai diperkenalkan di Indonesia.

Motor matic pertama di Indonesia yang diproduksi merk Honda asal negeri Jepang tersebut mempunyai desain yang antik dan sederhana menyerupai sepeda mini. Berbeda dari motor matic pada umumnya, motor yang diberi julukan Honda Sayur ini mempunyai cara unik tersendiri untuk menghidupkan mesinnya.

Jika ingin menyalakan mesinnya, Anda harus menurunkan tuas yang terletak di bagian belakang motor matic yang dekat dengan roda. Setelah itu, barulah menginjak pedal di bagian kanan untuk menyalakan mesinnya. Motor pun siap di gas menggunakan starter kanan layaknya motor matic seperti sekarang.

Baca juga : Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Sementara, untuk mematikan mesinnya, cukup dengan menarik bagian hitam kecil yang ada di bagian tengah stang. Motor ini juga sudah menggunakan mesin empat tak yang cukup halus digunakan berkendara, serta sudah dilengkapi speedometer.

Perpaduan antara bentuk sepeda dan motor, mungkin bisa menjadi gambaran desain motor matic pertama di Indonesia ini. Motor dengan kapasitas mesin 1,5 L ini pada bagian stang kirinya terdapat choke berwarna hitam untuk menyalurkan bahan bakar menuju karburator.

Kemunculan Vespa Corsa PK125 tahun 1991

Pada tahun 1991 silam, ada pembaruan dari motor matic di Indonesia yakni dengan peluncurannya Vespa Corsa dari PT Dan Motor Vespa Indonesia (DMVI). Meskipun motor ini sudah diluncurkan secara global pada tahun 1984, tetapi motor yang satu ini mempunyai sistem transmisi otomatis yang lebih canggih dibandingkan Honda Sayur.

Motor vespa ini juga sudah mendapatkan lisensi penuh dari pabrikan asalnya Piaggio, Italia. Saat pertama kali diluncurkan, sebenarnya motor ini ditargetkan untuk kamu wanita karena memiliki desain yang mungil. Namun, karena kepraktisannya dalam berkendara, motor ini semakin disukai muda-mudi.

Baca juga : Motor Matic Baru Terbaik Harga 10 Jutaan

Ciri khas dari motor vespa matic yang satu ini adalah tidak dibekalinya pedal rem belakang yang biasanya diletakkan di bagian bawah motor. Pedal tersebut dipindah ke stang kiri untuk menggantikan tuas kopling.

Kemunculan Nouvo Skutik tahun 2002

Motor matic generasi terbaru yang memiliki desain layaknya motor matic saat ini adalah varian Nouvo yang dikeluarkan oleh Yamaha tahun 2002. Motor yang sering disebut sebagai motor lele ini berhasil mencuri perhatian masyarakat Indonesia.

Hal ini karena Nouvo mempunyai desain mesin yang tangguh dan anti rewel ketika dikendarai. Sampai sekarang, motor ini masih cukup sering dijumpai, bahkan ada pula yang membentuk komunitas pecinta Nouvo.

Itu tadi sejarah singkat tentang motor matic pertama di Indonesia yang bisa menambah wawasan pengetahuan Anda. Namun, saat ini motor klasik tersebut sudah sangat langka sehingga wajar bila jarang atau bahkan tidak pernah ditemui lagi. Terlebih, kini di Indonesia sudah cukup menjamur pabrikan otomotif seperti Honda, Suzuki, Yamaha, dan lainnya.

Tinggalkan komentar